Sunday, February 5, 2017

Panduan Ibu Hamil Memilih Rumah Sakit Dan Dokter

BAGIKAN TULISAN INI:

Setelah mengetahui hamil, hal pertama yang mungkin ada di pikiran ibu hamil adalah kemana saya akan memeriksakan kehamilan. Tersedia rumah sakit, rumah bersalin, puskesmas bahkan klinik dimana kita bisa memeriksakan kehamilan.

Kita bisa memeriksakan kehamilan ke dokter umum, bidan atau dokter ahli kebidanan dan kandungan (biasa juga dikenal dengan dokter spesialis obstetri dan ginekologi).

Memilih rumah sakit bersalin dan dokter untuk ibu hamil.

Yang perlu diingat, yang utama adalah kehamilan Anda, Anda dapat memilih fasilitas kesehatan dan dokternya yang dirasa paling cocok yang bisa membantu Anda mewujudkan kehamilan yang sehat.

Saat menentukan rumah sakit atau rumah bersalin, kita ibu hamil, biasanya mengikuti dokter kandungan yang sama saat pemeriksaan kehamilan atau saat antenatal care. Biasanya pemilihan rumah sakit juga ditentukan oleh asuransi kesehatan yang persalinannya di-cover atau tempat kerja kita.

Menentukan rumah sakit tempat memeriksakan kehamilan dan tempat melahirkan.

Yang kita lihat adalah fasilitas yang disediakan, sebaiknya pilih yang nyaman dan ada ruang tunggu dimana Anda bisa duduk sehingga tidak perlu berdiri apabila antrian banyak.

Pertimbangan lainnya adalah dekat dengan tempat tinggal karena kita akan sering datang untuk memeriksakan kehamilan.

Ada rumah bersalin yang menyediakan rawat gabung dengan bayi ada juga yang memisahkan ruang rawat ibu dan bayi. Memilih rumah bersalin dengan perawatan bayi yang lengkap akan lebih baik terutama apabila bayi lahir dengan gangguan atau resiko tinggi seperti prematur.

Kita tentu pernah mendengar ada ibu yang baru saja melahirkan tapi bayinya mesti dirujuk dan dirawat di rumah sakit lain karena tidak adanya fasilitas NICU di rumah sakit tersebut.

Dokter kebidanan.

- Adalah dokter yang memiliki keahlian dalam bidang kebidanan dan kandungan. Dokter ahli yang biasanya melakukan operasi sectio cesarea.

- Pilih yang peduli dengan pasien dan bersedia meluangkan waktu yang cukup untuk Anda berkonsultasi.

- Dokter kandungan biasanya tidak merawat bayi, karena menjaga atau merawat bayi adalah tugas dokter anak. Meskipun demikian, saat bayi lahir dokter kandungan mengetahui bagaimana cara menangani bayi kalau misalnya terjadi hal darurat. Saat persalinan, di rumah sakit dengan fasilitas lengkap dokter anak biasanya sudah stand-by untuk 'menyambut' bayi.

Dokter keluarga.

- Ini biasanya dokter umum dimana kita sering memeriksakan kesehatan. Biasanya juga menjadi tempat meminta rujukan apabila penyakit kita membutuhkan keahlian dokter spesialis.

- Dokter umum kadang ada yang membantu persalinan. Dokter umum memiliki kemampuan untuk menolong persalinan kecuali melakukan operasi sectio secarea.

Bidan.

- Bidan dapat membantu proses persalinan yang biasanya tanpa komplikasi atau penyulit. Ibu hamil dengan resiko tinggi seperti diabetes, hipertensi, pre eklampsia, dll akan ditangani oleh dokter ahli kebidanan.

- Ibu dengan kehamilan normal dan tanpa penyulit bisa bersalin dibantu bidan di rumah atau puskesmas.

- Bidan juga memiliki kemampuan untuk merawat bayi baru lahir yang lahir normal, tidak prematur dan tanpa gangguan apapun.

Perawat.

- Perawat biasanya membantu merawat ibu hamil dan bayinya. Mereka biasanya tidak mampu membantu persalinan dan kelahiran bayi.

Konselor menyusui.

- Adalah konsultan menyusui yang akan membantu ibu pasca melahirkan, menyediakan dukungan dan pendampingan bagaimana menyusui bayi dengan benar sehingga bayi mendapatkan ASI dengan baik dan menjaga produksi ASI tetap lancar.

Tanyakan hal-hal berikut ini kepada diri sendiri dalam menentukan pilihan dimana atau kemana memeriksakan kehamilan:

- Apakah dokter/bidan/perawatnya mudah diajak bicara dan dimengerti?

- Apakah mereka mendengarkan kita dan menjawab pertanyaan-pertanyaan kita?

- Apakah mudah untuk ke klinik/rumah sakit tersebut?

- Apakah bisa menghubungi mereka dengan telepon, sms atau email?

- Saat melahirkan apakah bisa didampingi oleh keluarga atau pasangan?

- Apakah dokter akan ada saat kita melahirkan, tidak keluar kota, dll?

- Tindakan apa yang akan dilakukan dokter saat persalinan?

- Apakah persalinannya akan dengan operasi cesar, kenapa?

- Apakah akan ada yang merawat bayi segera setelah lahir (tersedia dokter anak)?

- Apa pengalaman ibu lain saat dirawat di rumah bersalin tersebut, bagaimana kesan ibu hamil lain dibantu oleh dokter tersebut?

Nah, itulah kira-kira hal-hal yang jadi pertimbangan dalam menentukan dimana akan memeiksakan kehamilan atau melahirkan dan menentukan dokter yang akan membantu kita. Mudah-mudah bisa jadi panduan untuk Moms.


Perawatan bayi terbaik yang menyenangkan
PENTING menyiapkan buah hati agar tumbuh optimal, sehat dan cerdas. Gagal menyiapkan bayi dalam 1 Tahun Pertamanya berarti kerugian bagi Moms dan Dads. KLIK DI SINI »

No comments:

Post a Comment