Thursday, February 9, 2017

Makanan Dan Nutrisi Yang Dianjurkan Untuk Ibu Hamil

BAGIKAN TULISAN INI:

Makanan yang sehat menyediakan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu dan janin selama kehamilan. Untuk melengkapi itu, ibu hamil membutuhkan suplemen atau multivitamin setiap hari dengan kandungan zat besi dan folat di dalamnya.

Makanan dan nutrisi yang dianjurkan selama hamil:

Folat (asam folat).

Biasa ditemukan di makanan seperti roti, sereal, kol (kubis), jagung, brokoli, kacang-kacangan, kentang, pepaya, bayam, pisang, jeruk, alpukat, hati ayam, hati sapi, dll.

Folat bermanfaat untuk membentuk jaringan tubuh dan darah yang sehat untuk ibu dan janin.

Konsumsilah vitamin hamil setiap hari. Pada ibu hamil tertentu mungkin memerlukan tambahan folat, untuk itu konsultasikan dengan dokter Anda.

Kalsium dan Vitamin D.

Makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D misalnya keju, susu, brokoli, kacang-kacangan, ikan kaleng, yogurt, telur, seafood, dll.

Manfaat kalsium dan vitamin D adalah akan bekerja sama menjaga agar tulang ibu kuat. Kalsium dan vitamin D juga membantu membentuk tulang dan gigi bayi yang kuat.

Karena inilah ibu hamil biasanya dianjurkan mengonsumsi susu. Kini tersedia di pasaran beragam merek susu yang khusus untuk ibu hamil.

Besi dan vitamin C.

Makanan seperti daging ayam, daging kambing/sapi, hati sapi, telur, sereal, roti, ikan, sarden, bebek, kepiting, tiram, kacang merah,  asparagus, bayam, tomat, kentang, labu, alpukat, sukun, kurma dan kedelai adalah beberapa makanan dengan kandungan zat besi.

Sedangkan jeruk, cabe, paprika, pepaya, nanas, melon, jambu, brokoli, kol, mangga, bayam dan kentang adalah beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin C.

Besi penting untuk pembentukan sel darah merah yang akan membawa oksigen dalam tubuh ibu hamil dan janin. Zat besi yang cukup diperlukan oleh janin terutama nanti saat lahir.

Peran vitamin C diantaranya adalah membantu tubuh menggunakan zat besi. Oleh karena itu kita dianjurkan untuk makan makanan yang tinggi besi bersama dengan makanan yang tinggi kandungan vitamin C-nya.

Protein.

Umumnya makanan yang seing kita konsumsi setiap hari mengandung protein seperti tahun, tempe, kcang-kacangan, ikan, dagingm teur dan ayam. 

Protein ini bermanfaat untuk memperkuat uterus dan plasenta untuk mendukung pertumbuhan bayi. Protein yang cukup akan mendukung pertumbuhan sehat janin .

Lemak omega-3.

Ini bisa kita temukan di beragam jenis ikan, lemak ikan, sarden, telur ayam dan telur bebek, kacang-kacangan, bayam, kangkung, susu, daging sapi, ikan lele, belut, yoghurt, selada, brokoli dan ikan tawar.

Lemak omega 3 sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan otak janin, sistem saraf dan mata janin. Selain itu dapat memperkuat rahim pada ibu yang hamil muda, mencegah kelahiran bayi prematur dan bayi dengan kelainan.


Perawatan bayi terbaik yang menyenangkan
PENTING menyiapkan buah hati agar tumbuh optimal, sehat dan cerdas. Gagal menyiapkan bayi dalam 1 Tahun Pertamanya berarti kerugian bagi Moms dan Dads. KLIK DI SINI »

No comments:

Post a Comment