Monday, December 5, 2016

Selain Enak, Buah Naga Sangat Baik Untuk Ibu Hamil

BAGIKAN TULISAN INI:

Konsumsi makanan yang sehat saat hamil tidak hanya bermanfaat untuk ibu hamil untuk mendapatkan kenaikan berat badan yang ideal tapi juga untuk tumbuh dan kembang bayi dalam kandungan. Buah seperti buah naga menyediakan vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat untuk ibu hamil.
Buah naga bisa kita temui dengan mudah di toko buah, supermarket atau di pinggir jalan. Buah yang disebut juga dengan pitaya atau pitahaya ini memiliki kulit yang mirip dengan kulit naga, makanya disebut dengan buah naga, memiliki rasa yang agak manis dan enak terutama kalau dibuat jus.

Buah ini isinya berwarna merah keunguan atau putih dengan biji-biji kecil yang berwarna hitam.

Bolehkah ibu hamil makan buah naga?

Ya boleh, bahkan dianjurkan. Selain sayur, konsumsi buah sangat dianjurkan untuk memenuhi nutrisi penting ibu hamil seperti vitamin dan mineral. Buah naga bisa memberikan variasi rasa makanan yang baik untuk menambah nafsu makan ibu hamil.

Nutrisi esensial yang dikandung buah naga sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil serta melindungi bayi (janin) dari lahir cacat atau gangguan pertumbuhan dan perkembangan lainnya.

Bahaya buah naga untuk ibu hamil.

Kekurangan buah naga bukan pada nutrisi atau zat yang dikandungnya tapi berkaitan dengan higienitas dan penggunaan pestisida.

Pastikan buah naga yang akan dikonsumsi sudah dicuci dengan baik dan benar-benar bersih. Kita tentu sudah tahu efek negatif dari pestisida dalam jangka panjang dan bahayanya jika ibu hamil mendapatkan infeksi dan konsumsi buah yang tidak higienis.

Manfaat dan kelebihan buah naga untuk ibu hamil adalah:

1. Membantu pertumbuhan tulang janin.

Buah naga mengandung kalsium yang sangat baik untuk membantu pertumbuhan tulang janin. Kalsium juga akan menguatkan tulang dan gigi ibu hamil.

Kalsium ini juga memegang peran dalam kontraksi otot, orang dengan intoleransi laktose yang tidak bisa minum susu bisa mengonsumsi buah naga untuk memenuhi kebutuhan kalsiumnya.

2. Mencegah bayi lahir cacat.

Buah naga mengandung asam folat yang merupakan nutrisi penting saat hamil. Asam folat ini dapat membantu mencegah terjadinya kelainan saraf pada janin.

Dengan kandungan vitamin yang dimilikinya seperti vitamin B1, B2, B3 dan vitamin C, buah naga dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi berjalan dengan normal.

3. Membantu mencegah terjadinya kurang darah (anemia).

Vitamin C dan besi pada buah naga dapat membantu pembentukan Hemoglobin, bahan pembentuk sel darah merah yang dapat mencegah terjadinya anemia.

4. Membantu menghasilkan energi.

Buah naga selain vitamin dan zat gizi penting, juga mengandung karbohidrat dalam jumlah yang besar. Dapat memberikan ektra energi kepada kita untuk melakukan aktivitas selain tentunya menyediakan bahan yang diperlukan untuk pertumbuhan bayi dalam rahim.

5. Selain karbohidrat, juga mengandung lemak yang sehat.

Ya, buah naga mengandung lemak yang sehat, selain untuk menghasilkan energi juga baik untuk pembentukan otak janin.

6. Pencegah kanker.

Buah naga mengandung vitamin C, karotin dan antioksidan yang banyak yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta mencegah terjadinya kanker dengan cara menetralkan radikal bebas yang tidak baik untuk tubuh.

7 Mencegah infeksi kuman.

Kandungan antibakteri dan antijamur dari buah naga dapat menghambat perkembangan bakteri dan jamur di dalam organ tubuh dan dapat melawan infeksi bakteri dan jamur selama masa hamil.

Buah naga juga baik untuk membantu regenerasi dan perbaikan sel akibat luka dan trauma.

8. Mengobati konstipasi.

Ya seperti pada umumnya buah, buah naga dapat membantu proses pencernaan berjalan dengan baik, membantu mengatasi dan mencegah susah buang air besar (konstipasi).

Ibu hamil juga akan terhindar dari timbulnya ambein atau hemoroid, menjaga kesehatan jantung, menghindari obesitas dan diabetes.

Kandungan gizi buah naga.

Untuk Anda yang penasaran dengan kandungan buah naga, berikut daftarnya:
  • Kalori, 35-50
  • Air, 80-90 g
  • Vitamin C, 4–25 mg
  • Kalsium, 6–10 mg
  • Karotin (Vitamin A)
  • Karbohidrat, 9-14 g
  • Serat, 0.3-0.9 g
  • Besi (Fe), 0.3-0.7 mg
  • Lemak, 0.1-0.6 g
  • Vitamin B3 0.2-0.45 mg
  • Fosfor, 16–36 mg
  • Protein, 0.15-0.5 g
  • Thiamin (Vitamin B1)
  • Riboflavin (Vitamin B2)

Cara mengolah dan konsumsi buah naga yang baik.

Sebelum mengonsumsi buah naga, sebaiknya ikuti tips berikut ini:

- Saat belanja, pilih buah naga yang segar dengan melihat warna dan teksturnya. Buah naga yang segar memiliki tekstur atau permukaan yang agak keras dan tidak terlalu lembek.

- Jika buah naga ingin dikonsumsi langsung pilih buah yang sudah dipotong sedangkan jika ingin disimpan di lemari es pilih yang masih utuh.

- Bersihkan buah naga sebelum dipotong.

- Potong buah naga menggunakan pisau dan tatakan yang sudah bersih.

- Potong buah menjadi dua bagian dan ambil isinya menggunakan sendok.

Penyajian buah naga.

Ada beberapa cara untuk mengonsumsi buah naga. Anda bisa memakannya langsung, bisa dibuat salad, jus buah, sup buah, milkshake, campuran dengan es krim rendah lemak, dan lain-lain. Tergantung selera Anda.

Nah, sudah tahu kan betapa banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dari buah naga. Buah naga dapat menjadi alternatif atau pelengkap buah yang selama ini Anda konsumsi.

,

Perawatan bayi terbaik yang menyenangkan
PENTING menyiapkan buah hati agar tumbuh optimal, sehat dan cerdas. Gagal menyiapkan bayi dalam 1 Tahun Pertamanya berarti kerugian bagi Moms dan Dads. KLIK DI SINI »

No comments:

Post a Comment